Sabtu, 16 Agustus 2014

Cara Mengatasi Battery Alert Primary Internal Battery 601

Posted by Unknown 01.33, under | 4 comments

Pernah suatu kali saya menerima peringatan Battery alert (bla bla bla) Primary (Internal) Battery (601) di Notebook merek HP 430  saat menghidupkan LAPTOP saya. 
Lalu, ketika sudah masuk ke windows, dinotification area terlihat tulisan battery unknown. 
Dan saya tidak bisa menggunakan Laptop tanpa terpasang ke charger. 
Tapi saat saya lihat menggunakan software BatteryCare, Baterai saya terbaca Full 100%. 
Saya berfikir bahwa itu adalah kerusakan yang terjadi pada baterai Laptop dan karena itu saya anggap sudah saatnya diganti.
Lalu saya coba browsing kesana-kemari dan menemukan bahwa baterai Laptop bisa tahan selama masa pemakaian 3-5 tahun atau bahkan lebih, tergantung cara pemakaiannya. 
Saya pun merasa heran karena saya baru membeli Laptop sekitar dua tahun dan saya juga selalu merawatnya baik-baik. 
Jika anda mengalami hal yang samapada Laptop anda, anda bisa mengikuti tips yang saya berikan.  Disini saya tekankan khusus untuk Battery merek HP.  Karena untuk merek yang lainnya saya belum mencoba.

Terjadi kesalahan pada driver battery pc sehingga driver salah membaca perkiraan umur baterai. 
Solusinya, anda bisa menghapus driver tersebut dengan cara:
1. klik Start
2. lalu control panel 
3. system and security – system
4. lalu di sebelah kanancari tulisan device manager
5. Setelah itu akan muncul tab device manager cari tulisan “batteries” di devicemanager biasanya terletak paling atas, lalu klik ikon (+) di sebelah kiri tulisan batteries dan hapus driver bertulisan “MicrosoftACPI-Compliant control method battery” klik kanan pada driver tersebut dan uninstal setelah itu restart. 

Atau bisa untuk menemukan device manager secara mudah dengan cara klik start, lalu ketikkan“device manager” pada kolom search program and files. 
Sangat disarankan terlebih dahulu sebelum uninstal driver baterai anda backup komputer anda dengan menggunakan fitur system image recovery ini untuk berjaga-jaga jika usaha tersebut tidak berpengaruh sehingga anda bisa mengembalikan driver anda karena driver tersebut merupakan driver pengatur keluar masuknya daya baterai. (saya sarankan anda lakukan metode ini setelah menggunakan cara-cara di point No.2 selanjutnya. 


Karenasaya pernah menggunakan cara ini tetapi saya tidak berhasil.  Intinya baca dahulu artikel secara lengkapdan jelas).


2. Berdasarkan yang saya alami, terjadi kesalahan system dalam membaca kapasitas baterai disebabkan Laptop anda terlalu sering melakukan charge-discharge.  Solusinya anda bisa menggunakan kalibrasi bateraidengan cara :
Ø Klik ikon baterai di taskbar
Ø Lalu klik more power option maka akan terbukajendela power option.
Ø Cari tulisan create a power plan berwarna biruletaknya di jajaran tulisan paling kiri. Lalu klik tulisan tersebut.
Ø Muncul tab create a power plan, isikan planname dengan “kalibrasi” atau terserah yang anda inginkan lalu next.
Ø Ganti semua tulisan 2 menit, 5 menit dan 20 menitpada kolom yang ada menjadi never semuanya.
Ø Lalu klik create
Ø Lalu anda akan kembali pada tab power option.
Ø Pilih power plan dengan nama “kalibrasi” yangbaru anda buat dengan mengisi sebuah bulatan kecil di samping tulisankalibrasi.
Ø Pastikan bahwa anda mencharge dulu Notebookanda sampai benar-benar full 100 persen.
Ø Lalu restart pc anda dan masuk ke safe modedengan cara klik tombol F8 berulang kali setelah anda tekan tombol power untukmenghidupkan pc anda.
Ø Pilih tulisan safe mode dengan caramenggunakan tombol arah lalu tekan enter.
Ø Tunggu beberapa saat system sedang meloading.
Ø Setelah anda masuk safe mode, coba pastikanpower plan yang anda pilih adalah power plan bernama kalibrasi yang tadi andabuat.
Ø Lalu lepaskan adaptor charger anda dan diamkanpc anda.  Saya sarankan anda menggunakancara ini saat anda benar-benar tidak sedang membutuhkanNotebook anda danpastikan saat mode ini berjalan anda jangan mengoperasikan program apapun dipc.  Biarkan dan tunggu hingga 3-4 jamsampai pc anda mati dengan sendirinya.
Ø Lalu anda charge kembali notebook anda selamalima menit lalu coba hidupkan dan bisa anda charge sampai penuh.
Semua cara ini bisa anda coba jika anda mendapati peringatan Battery alert.........Primary (Internal) Battery (601) saat menghidupkan komputer anda, muncul peringatan Consider Replacing Battery diNotification Battery,  muncul battery nodetected atau Battery Unknown dan sejenisnya.
Semogaproblem tadi sudah hilang sama sekali, karena saya sudah mengalaminya dan berhasilsecara memuaskan dengan menggunakan beberapa cara tersebut. Tapi jika andatetap menemukan pesan error tersebut, kemungkinan besar memang terjadikerusakan hardware anda dan satu-satunya cara adalah dengan mengganti hardwareyang rusak tersebut.  Atau cobalah bawake service center resmi terdekat dan mintalah saran dan klaim kembali jikaLaptop anda masih memiliki garansi.

#Silakan anda cari sumber lain jika anda rasa artikel disini tidak bisa membantu permasalahan anda.  Masih banyak artikel lain yang bisa anda baca untuk mengatasi semua permasalahan anda.

4 komentar:

Saya jg dapet battery alert. Size harddisk lepi saya tersisa vol c: 6gb, data D: 2gb, vol f: 4 gb. Memang sdh minim bgt. Apa ini ngaruh ke daya battery nya? Mohon pencerahannya..

Wkwkwk ngikutin cara di atas jadi gak bisa kebuka laptop w...

Thx ya. Berhasil dengan baik. Dan meteran daya skrg ga error lagi.

Eh emang berhasil kah? Skrg laptopku bener2 susah dipake klo gak dicas, mana banyak pke zoom lagi🥲

Posting Komentar